Cara Memilih Partner Bisnis yang Harus Anda Perhatikan

Cara Memilih Partner Bisnis yang Harus Anda Perhatikan

Cara Memilih Partner Bisnis yang Harus Anda Perhatikan

Mengawali sebuah bisnis memang bukan tugas yang gampang. Memerlukan loyalitas, konsentrasi, dan kreasi. Tetapi, sebuah bisnis dapat tumbuh secara cepat saat kamu ingin buka diri dan bekerja bersama sama orang lain.

Bisnis bisa mengalami perkembangan dengan kerja sama yang bagus, tetapi bisnis bisa juga remuk karena kerja sama yang jelek. Sangat penting untuk memulai cari partner bisnis yang cocok untukmu hingga tanggung-jawab, modal, dan hambatan-hambatan usaha dapat kamu tuntaskan bersama.

Tapi, pilih partner yang pas tidak gampang. Kamu harus pikirkan beragam faktor pada calon partner usahamu dan tentukan kelebihan mereka yang dapat tutupi kekuranganmu. Jangan dibiarkan semangat dan harapan yang terlampau tinggi tutup logikamu dalam memandang partner bisnis.

Penting untuk menimbang beragam hal terhitung keuangan, watak, kekuatan, dan lain-lain. Oleh karenanya, berikutĀ  cara memilih partner bisnis yang perlu kamu pikirkan saat sebelum mengawali usahamu.

Pahami Potensi Partner

Saat menentukan partner atau partner bisnis, kamu harus cermat apa orang itu pas dengan watakmu. Saat kamu pilih partner bisnis yang pasti terikat lumayan lama, karena itu hal itu harus kamu lihat. Disamping itu, lihatlah apa partner-mu mempunyai kelebihan yang dapat tutup kekuranganmu.

Misalkan saja, kamu ialah tipikal orang yang berani terima rintangan, karena itu partner-mu akan lebih bagus jika dia mempunyai karakter cermat, tenang, dan berpikiran holistik. Hal tersebut pasti akan memengaruhi bagaimana kalian membuat bisnis bersama-sama dan meningkatkan bisnis itu jadi besar.

Tidak itu saja, kekuatan partner bisa juga dipandang dari modal dan rekam jejak mereka. Cari partner yang mempunyai keadaan keuangan yang kuat dan mempunyai rekam jejak baik dalam masyarakat atau lingkungan bisnis karena hal itu akan berpengaruh ke citra merek bisnis kalian.

Kamu tak perlu berpikiran sendirian, kamu dapat tanya ke rekan-rekan, keluarga, atau orang paling dekatmu kita-kira partner bisnis apakah yang pas dengan watak dan style usahamu.

Buat Kesepakatan Tertulis

Saat kamu sudah mendapati partner yang pas dan menurutmu cocok, karena itu cepatlah buat kesepakatan tercatat mengenai partnership itu. Selekasnya bahas dengan serius dan sedetil kemungkinan apapun saja kerangka dan arah bisnis kalian.

Keyakinan pasti penting, tetapi keyakinan ialah hal yang paling subyektif, masih tetap buat kesepakatan tercatat mengenai peranan, beberapa batasan, ganti rugi, taktik bisnis, dan lain-lainnya. Yakinkan kalian pada keadaan dan pengetahuan yang serupa mengenai bisnis kalian.

Pembagian Kerja dan Modal yang Jelas

Saat jalankan bisnis, memerlukan kepastian mengenai pekerjaan, hak, kewajiban, dan distribusi modal yang terang. Tidak lupa dalam kerangka pembagian keuntungan harus diakui karena hal itu penting dalam kebersinambungan bisnis.

Bukan hanya tercantum dalam helai kesepakatan tetapi buku pegangan masing-masing mengenai deskripsi kewajiban, hak, dan pekerjaan tiap partner. Disamping itu, kamu harus juga mempertimbangkan resiko atau ancaman yang dapat diberi saat partner-mu tidak penuhi pekerjaan atau kewajibannya.

Gunakan Logika bukan Perasaan

Kerja sama di dalam bisnis menjadi hal yang bagus sekali dan cantik tetapi itu menjadi mimpi jelek saat kamu pilih partner yang keliru. Bila satu lebih satu ialah dua karena itu cari partner lain meskipun kamu berasa benar-benar nyaman dengannya.

Satu lebih satu harus sama dengan 3 hingga kerja-sama kalian dapat membuat bisnis jauh berkembang. Disamping itu, tidak boleh tertutup ego karena kekuatan dan kelebihan partner-mu karenanya mencelakakan perubahan usahamu.

Lebih Baik Mencari Partner atau Sendiri?

Saat sebelum putuskan terlampau jauh saat ingin mengawali bisnis bersama partner, pikir matang-matang apa kamu membutuhkan partner bisnis atau mungkin tidak. Kadang orang cari partner hanya untuk membagikan risiko yang kemungkinan terjadi pada usahanya. Oleh karenanya, optimis diri kamu dan bertanya pada beberapa orang paling dekatmu, dengan jenis dan scope bisnis yang bakal kamu mulai, apa perlu kamu cari partner kerja?

Ketahuilah jika mengawali dan jalankan bisnis sendiri tidak jelek karena kamu dapat bereksperimen tanpa batasan dan sepakat. Dalam tentukan jalan keluar juga, kamu dapat dengan bebas putuskannya. Janganlah lupa untuk membikin tabel kontra dan pro dalam jalankan bisnis bersama partner atau sendirian.

Pilih Teman atau Keluarga Sebagai Partner

Andaikan kamu memilih untuk cari partner, kembali pikirkan apa seharusnya kamu pilih rekan atau keluarga. Saat ada dua calon partner yang menurutmu pas dari sisi modal, personalitas, bahkan juga sampai penglihatan bisnis, kamu harus pikirkan faktor ini, rekan atau keluarga.

Sebagian orang pilih rekan sebagai partner bisnis karena akan memberinya batas yang terang di antara ranah keluarga dan bisnis. Sedang untuk sebagian orang yang pilih keluarga, percaya jika keberlangsungan partnership semakin lebih terjaga. Karena itu pikirkanlah siapakah yang pas menjadi partner usahamu, rekan atau keluargamu.

Pahami Strategi Saat Pemutusan Kerjasama

Dalam kerangka partnership, kamu dan partner bisnis harus tentukan pada kondisi apa dan taktik mana yang bakal diaplikasikan saat bisnis yang kalian bangun memperlihatkan pertanda ketidakberhasilan.

Berikan timeline dan rencana-rencana yang terang andaikan itu terjadi, siapa yang bakal bertanggungjawab buat apa. Pikir apa kamu harus jual usahamu, mengambil pindah asset partner-mu, atau menutupnya demikian saja. Tentukan keluar strategy penting untuk memperhitungkan semua peluang yang dapat terjadi.

Dalam konteks apa saja, bekerja bersama semestinya memberinya faedah yang semakin besar daripada harus bekerja sendiri. Saat partnership malah membuat usahamu jeblok karena itu ada sesuatu hal yang selekasnya harus kamu benahi. Mudah-mudahan ke-7 hal di atas bisa menolongmu saat menentukan dan menimbang partner yang cocok saat mengawali bisnis baru ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.