Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Memiliki kartu credit kemungkinan jadi mimpi beberapa orang, terhitung Anda. Dengan mempunyai kartu ini, Anda dapat lakukan semakin banyak transaksi bisnis tanpa perlu pusing-pusing pikirkan jumlahnya uang yang berada di dompet atau saldo bank Anda. Dengan masukkan data kartu credit, Anda dapat lakukan beragam hal seperti, beli di toko online, berlangganan basis streaming digital atau bahkan juga trading dan transaksi bisnis internasional yang lain.

Namun, jika pemakaian kartu credit tidak dikendalikan secara baik, Anda dapat terjerat ke pola hidup keduk lubang tutup lubang. Berikut beberapa cara memakai kartu credit dengan arif yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari hari:

1.Tidak Membeli Barang-Barang yang Tidak Sanggup untuk Dibeli

Banyak orang memakai kartu credit untuk beli beberapa barang eksklusif yang tidak mampu mereka bayar. Belum juga sering beberapa barang eksklusif itu bukanlah barang yang mereka perlukan.

Kartu credit memang sarana yang mempermudah pembayaran, namun proses kartu credit serupa dengan utang yang bakal ditagih pada bulan akhir. Tidak itu saja, kartu credit mempunyai bunga yang perlu Anda bayarkan hingga bila Anda beli beberapa barang eksklusif pada harga mahal, karena itu beban kartu credit Anda akan membesar.

2.Membayar Bill Kartu Kredit Tepat Waktu dan Lunas

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, kartu credit mempunyai bunga yang harus juga dibayar oleh tiap pemakai. Nilai bunga ini akan membesar jika pemakai kartu credit tidak bayar bill kartu credit on time atau bayar bill on time tetapi tidak lunas. Pasti ini akan memperberat beban kartu credit Anda.

3.Hindari Memiliki Kartu Kredit Lebih Dari Satu

Semakin banyak tipe kartu credit yang Anda punyai, karena itu makin banyak juga pilihan pembayaran yang dapat Anda pakai. Bisa saja saat satu kartu credit Anda telah capai limit, Anda akan memakai kartu credit lainnya. Dalam periode pendek, mempunyai kartu credit lebih satu kemungkinan bisa saja jalan keluar. Namun, dalam periode panjang, Anda harus bayar bill kesemua kartu credit Anda. Ini akan memberatkan keuangan Anda dalam periode panjang

4.Pahami Fasilitas dan Biaya Kartu Kredit

Fasilitas ini seperti, besaran nilai limit, tingkat suku bunga, syarat pemilikan kartu credit dan ongkos lainnya. Ongkos lainnya itu seperti, ongkos transaksi bisnis ke luar negeri memakai kartu credit, ongkos pemakaian kartu credit di merchant tertentu dan lain-lain.

Ini penting karena, Anda harus dapat pilih kartu credit yang sesuai kompetensi Anda. Janganlah sampai Anda cuman pilih kartu credit dengan limit besar tanpa ketahui jika suku bunga dan ongkos lainnya kartu credit itu besar.

5.Evaluasi Tagihan Bulanan Anda

Selain harus memisah beberapa barang yang dapat Anda membeli memakai kartu credit, sebaiknya Anda menilai bill kartu credit bulanan Anda. Maksudnya ialah supaya Anda dapat ketahui pengeluaran apa yang kiranya terlalu berlebih dan tak perlu dibeli kembali yang akan datang.

6.Jangan Menarik Tunai dari Kartu Kredit

Anda memang dapat tarik uang kontan dengan kartu credit seperti menarik uang kontan memakai kartu ATM. Namun, berlainan dengan kartu ATM atau kartu debet, bila Anda menarik uang kontan memakai kartu credit, itu maknanya Anda berhutang ke bank sebesar jumlah uang kontan yang Anda ambil itu. Mengakibatkan, beban kartu credit Anda akan bertambah di bulan akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.